Pintu akan memberikan kesan yang berbeda-beda. Dimana pintu juga menjadi faktor penting untuk tampilan terhadap suatu bangunan. Pintu rumah yang unik dan bagus akan memberi kesan juga bagi para tamu yang akan datang. Bukan hanya sekedar bentuk, namun pintu rumah juga harus cocok dengan bentuk bangunan dan interior rumah Anda. Lalu, kira-kira apa saja desain pintu yang cocok untuk rumah Anda?

Pintu Minimalis dengan Engsel

Pintu dengan jenis seperti ini sangat umum digunakan untuk rumah minimalis. Bukan hanya sebagai pintu depan rumah, jenis pintu seperti ini juga bisa digunakan sebagai penghubung satu ruangan dengan lainnya. Pintu ini tertempel pada bagian ujung dengan engsel yang membuatnya dapat di buka dan ditutup. Bentuknya yang simple dan tidak banyak aksen, membuat jenis pintu seperti ini cocok  digunakan sebagai pintu rumah mungil. Baik itu sebagai pintu depan, belakang rumah, pintu kamar atau kamar mandi dan lainnya.

Pintu Geser Simpel

Pintu geser atau sliding dapat membuat Anda menghemat tempat. Pintu ini dibuka tutup dengan cara digeser. Itu sebabnya pintu ini harus disertai dengan jalur rolling atau roda yang berada dibagian atas. Untuk mencegah trek geser pintu macet, Anda harus sering-sering mengaplikasikan minyak secara berkala pada bagian tersebut.

Pintu Pocket

Pintu pocket memiliki sistem buka tutup yang sama seperti pintu sliding yaitu digeser. Namun ada perbedaan dalam bentuk dan desainnya. Pintu pocket memiliki trek rolling yang terletak di dalam dinding. Sehingga pintu tersebut terlihat seperti tersembunyi saat digeser.

Pintu Lipat Double

Pintu lipat double atau bi fold door merupakan pintu yang digeser kemudian dilipat hingga menempel antar satu dengan yang lain. Pintu ini tidak digeser seperti slidding door atau pocket door. Umumnya tiap lipatan pintu disertai engsel pada bagian atas dan selot khusus yang dibuat agar pintu tidak bergerak setelah dilipat. Pintu berukuran besar ini dapat difungsikan juga sebagai jendela.

Pintu Dutch

Pintu ini memiliki bentuk unik, walaupun jarang diapplikasikan di rumah Indonesia. Anda bisa menjadikannya juga panduan untuk hunian Anda. Pintu ini memiliki bentuk yaitu terbagi dua atas bagian atas dan bawahnya. Walaupun terdengar aneh, namun pintu ini bentuknya simple dan fungsional. Cocok untuk dijadikan sebagai pintu dapur yang menghadap kea rah taman.

Pintu Pivot

Desain ini sangat unik karena dibuka dengan cara diputar. Terdiri atas dua poros yang berada di atas dan dibawah, tidak ada handle yang terletak pada permukaan pintu. Kebanyakan pintu ini sering digunakan di luar negeri. Desainnya akan membuat kesan chic dan simple, cocok untuk hunian modern dan kontemporer.

Bukan hanya sekedar untuk mempercantik rumah, namun pintu rumah juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan luas lahan. Dan, antara pintu dengan tema rumah juga harus cocok supaya seimbang. Ingin mewujudkan impian rumah Anda? Buka saja www.persegi.co.id dan Anda bisa langsung menghubungi para ahli desainer yang akan siap membantu Anda.

Sumber:

https://www.99.co/blog/indonesia/pintu-minimalis/

https://archello.s3.eu-central-1.amazonaws.com/images/2018/01/23/Essence0636.1516718084.0637.jpg

Buat rencana Desain Interior sesuai keinginan Anda.