Ingin merenovasi rumah dengan suasana baru? Penataan desain rumah memang perlu dilakukan apa lagi jika desain rumah sudah terlalu lama, Anda akan bosan dan ingin mengganti dengan desain yang lebih modern. Hal tersebut bukanlah suatu masalah karena Anda bisa merenovasinya. Namun budget Anda terbatas, sehingga membuat impian Anda untuk merenovasi jadi terhalang. Tapi, kini ada solusinya Anda tidak perlu kesulitan untuk merenovasi dengan budget yang bersahabat. Berikut 9 tips untuk merenovasi rumah yang hemat budget.

Back To Basic

Saat ingin melakukan renovasi rumah tidak perlu banyak memikirkan ide-ide desain yang wah dan berlebihan. Supaya bisa mendapatkan desain renovasi yang sesuai budget. Untuk mendapatkan desain rumah yang mudah dan murah Anda perlu bermain pada elemen-elemen dasar pada rumah. Untuk merenovasi rumah gunakan warna-warna dasar seperti putih dan furnitur yang sederhana atau minimalis. Dengan gaya seperti ini, akan buat rumah Anda lebih baru dengan gaya yang sederhana namun modern. Sehingga tidak perlu terus-terusan merenovasi dan merubah gaya desain rumah.

Berikan Warna Baru

Ketika suasana di rumah sudah mulai usang dan memudar hal tersebut akan membuat Anda kurang nyaman karena terlihat seperti rumah tua. Untuk membangkitkan suasana lebih hidup Anda tidak perlu merenovasi rumah sampai memakan budget yang besar. Cukup berikan warna baru dengan mengecat rumah pada spot-spot yang sudah mulai pudar. Berikan warna yang lebih kekinian namun jangan berikan warna yang berlebihan.

Warna pada dinding, lantau ataupun plafon harus diusahakan untuk membuat dengan warna yang serasi dan senada. Untuk membuat hasil lebih maksimal lagi, manfaatkan pencahayaan dengan menambahkan jendela.

Pola Floral

Untuk merenovasi rumah, Anda tidak harus mengganti seluruh perabot rumah untuk membuat kesan seperti di rumah baru. Anda cukup melakukan finishing ulang pada perabot seperti sofa di ruang tamu, meja atau karpet lantai dengan material baru. Untuk membuat suasana yang lebih ramai, gunakan motif floral agar mengikuti trend. Dengan pola pola bunga cerah, akan membuat kegiatan ngumpul menjadi lebih menyenangkan.

Perkaya Material Desain

Setelah di renovasi rumah kalian masih sepi? Anda perlu menambahkan satu hal yang bisa menambahkan visual pada tampilan ruangan Anda dengan material yang berbeda. Anda bisa membentuk statement wall atau dinding utama dengam material seperti batu alam atau wallpaper dinding. Selain dinding, lantai juga bisa dimodifikasi degan mengkombinasikan lantai vynil atau dengan parket sehingga kesan visual lebih kuat.

Tetapi, tidak harus selalu mengganti elemen. Anda bisa menambahkan beberapa material seperti karpet bulu pada lantai, elemen kaca, cermin pada hiasan dinding. Hal ini dapat dilakukan unutk menghemat biaya serta Anda bisa mempertambahkan elemen pada rumah tanpa harus mengganti.

Ganti Pencahayaan

Membuat suasana baru di rumah, gak harus selalu menata dekorasi rumah. Tapi, Anda bisa menata ulang pencahayaan yang masuk kerumah. Kombinasikan jenis lampu sesuai dengan kebutuhan dan gaya ruang, mulai dari lampu gantung, spotlight, hingga lampu baca dan lampu dekorasi harus kamu maksimalkan. Perhatikan juga pemilihan warna cahaya lampu yang akan digunakan dan disesuaikan dengan atmosfer pada ruangan. Dan posisikan lampu sesuai dengan fungsinya, jangan meletakan lampu disudut yang salah karena akan mengganggu estetika dan visual ruangan.

Renovasi Rumah All-White

Salah satu cara mudah, murah dan sederhana untuk melakukan renovasi rumah adalah dengan mengaplikasikan warna putih kepada seluruh ruangan, agar perabotan di rumah terlihat lebih menonjol. Jika Anda merasa terlalu polos, tambakan material lain yang memiliki dominan warna putih namun memiliki pola atau motif, seperti batu marmer carrara white. Dan pengaplikasian warna putih ini juga cocok bagi Anda yang ingin membuat ilusi ruangan agar tidak sempit dan ruangan juga lebih terang.

Ekspos Material

Tips ini lebih cocok untuk Anda yang ingin memiliki rumah dengan tampilan industrial. Anda bisa mengekspos material mentah saat merenovasi rumah. Buanglah plester dinding kemudian biarkan dinding bata menjadi elemen dair renovasi ruangan dan manfaatkan lantai beton. Tips ini sangar menghemat budget Anda, dan juga merupakan salah satu cara untuk meninjolkan desain rumah Anda supaya tidak terlihat mainstream.

Back to Nature, Tambahkan Vegetasi

Renovasi memang penting untuk menyegarkan rumah dan membuat Anda tidak penat, sehingga beraktivitas lebih menyenangkan dan nyaman. Salah satu hal yang juga mendukung adalah penggunaan tanaman saat akan melakukan renovasi. Kehadiran tanaman hijau akan membuat rumah menjadi lebih segar. Selain meletakkan tanaman, Anda bisa memanfaatkan bukaan seperti kehadiran jendela untuk menyatukan lingkungan alam  dengan rumah Anda.

Ubah Gaya Renovasi Melalui Furnitur Baru

Renovasi rumah dilakukan supaya tidak ketinggalan jaman dan tetap mengikuti tren interior saat ini. Maka Anda bisa pertimbangkan untuk mengganti gaya dari perabot atau ruangan pada saat akan merenovasi rumah. Anda bisa mencari referensi desain ataupun berkonsultasi dengan desainer professional untuk mendapatkan desain rumah yang kekinian dengan material dan warna yang sesuai jaman.

Untuk mewujudkan renovasi rumah yang hemat budget Anda bisa percayakan saja dengan desainer interior di Persegi.co.id yang bisa memberikan gaya desain rumah yang kekininan. Serta, membangun rumah tidak perlu takut mengeluarkan banyak budget, karena Persegi bisa menjadi solusi untuk Anda membantu rumah dengan budget terbatas.

Sumber:

https://vikufurniture.co.id/9-inspirasi-renovasi-rumah-untuk-budget-terbatas/

https://arsitagx-master-article.s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/article-photo/182/01-Desain-renovasi-rumah-House-At-Kopo-karya-Interval-Sumber-arsitagcom.jpg

Buat rencana Desain Interior sesuai keinginan Anda.