Kamar tidur berukuran kecil biasanya membuat Anda menjadi pusing untuk menatanya. Anda ingin berkreasi namun takut barang-barang tersebut malah membuat sempit dan mengganggu. Sebenarnya untuk menata kamar tidur yang berukuran kecil tidaklah rumit, Anda bisa mencari ide-ide unik untuk menata kamar tersebut. Jika Anda bingung untuk mencari ide, disini Anda bisa dapatkan inspirasi untuk mengatasi kamar tidur berukuran kecil.

Furnitur Built-In

Istilah furnitur built-in mungkin masih asing ditelinga kita, arti dari furniture built-ini adalah rak atau lemari yang menempel langsung di dinding. Konsep seperti ini sangat efektif untuk digunakan karena menjadi ruang penyimpanan ekstra tanpa potongan furnitur tebal yang menonjol di dalam ruangan. Selain menghemat ruang, model ini akan memberikan kesan unik bagi kamar tidur Anda.

Hindari Menggunakan Headboard

Headboard atau tempat kepala tidur merupakan bagian seperti papan berlapis spons yang biasanya banyak dijumpai dibanyak model tempat tidur dipasaran. Ada baiknya jangan gunakan headboard atau buang beberapa inci yang terbatas pada pemasangan kepala tempat tidur, ubah menjadi kepala tempat tidur supaya dapat menghemat tempat.

Gunakan Daybed

Daybed bisa menjadi solusi juga bagi Anda untuk menghemat ruang tidur. Daybed atau sofabed mempunyai dua fungsi utama. Daybed bisa dijadikan sofa atau tempat duduk serta bisa digunakan menjadi tempat tidur yang nyaman di malam hari.

Laci Penyimpanan di Bawah Tempat Tidur

Pada umumnya, kolong atau bagian bawah tempat tidur sering dibiarkan kosong dan tidak terpakai. Akibatnya kolong tersebut dipenuhi dengan debu. Untuk memanfaatkannya dan menghemat ruang, Anda dapat membuat laci-laci tempat penyimpanan dibawah kolong kasur. Sehingga Anda tidak kesulitan meletakkan barang-barang dikamar.

Lampu Tidur

Untuk menghemat tempat, Anda dapat menggunakan lampu tidur yang menempel pada dinding sudut atas kepala tempat tidur dibandingkan lampu tidur yang berdiri. Jika Anda menggunakan lampu tidur yang berdiri, Anda harus menyediakan lagi ruang atau meja, sehingga ini akan memakan tempat dan membuat kamar menjadi lebih sempit. Lampu yang menempel pada dinding akan jauh lebih menghemat tempat dan mempercantik dekorasi kamar Anda.

Dekorasikan dengan Wallpaper

Menggunakan wallpaper dinding pada kamar tidur juga bisa menjadi pilihan untuk menciptakan kesan ruangan yang luas. Beberapa gambar yang dijual dipasaran bisa menjadi pilihan tepat untuk membuat kesan tersebut. Anda harus memilah gambar wallpaper yang pas dengan kamar tidur.

Pilih Furnitur Multifungsi

Cara lain untuk menghemat ruangan adalah memilih furnitur yang multifungsi, selain mempunyai kegunaan ganda, furnitur tersebut harus mudah dipindahkan. Anda dapat lebih bebas mengatur ruang kamar Anda dan kamar akan terasa lebih lapang.

Sekarang Anda sudah bisa merealisasikannya di kamar tidur Anda, walaupun berukuran kecil hal tersebut tidak menghalangi Anda untuk mendekorasi dan membuat kamar tidur yang cantik. Justru dengan furnitur-furnitur multifungsi akan semakin membuat kamar tidur Anda terlihat semakin artistik. Selamat mencoba!

Sumber:

http://furnizing.com/article/kamar-tidur-kecil-sekarang-bukan-lagi-sebuah-masalah

https://blog.modsy.com/wp-content/uploads/2018/03/b7846409-d16b-41bc-9143-d912e3c61a9d.jpg

Buat rencana Desain Interior sesuai keinginan Anda.