Untuk menghindari stress bekerja dan macet diperkotaan, ada alternatif yang bisa Anda lakukan bagi Anda yang mempunyai usaha bisnis sendiri. Anda bisa menggunakan konsep bekerja dirumah yaitu “Home Office”, ruang kerja yang menyatu dengan tempat tinggal. Anda bisa menghemat biaya dan waktu perjalanan pulang pergi kantor. Kini konsep Home Office sedang banyak digunakan, bahkan dinilai efisien dan produktif yang dapat meningkatkan seseorang lebih berprestasi. Dengan berkantor dirumah Anda juga lebih fleksibel dalam mengatur waktu bersama keluarga.

Namun, tidak selamanya Home Office diperuntukan bagi mereka yang punya usaha sendiri. Home Office juga bisa dibuat bagi mereka yang ingin melakukan pekerjaan kantor di rumah. Jadi tidak ada salahnya kan membuat Home Office sendiri? Berikut ide desain Home Office yang bisa diterapkan di rumah:

Ruangan Mewah

Ruang kerja harus mencerminkan kepribadian dan menginspirasi Anda. Jangan takut untuk mengungkapkan ide Anda. Ungkapkan saja apa dan dekorasi yang Anda inginkan. Dinding dengan aksen hitam dan lampu gantung di atas meja akan menambahkan kesan mewah dan glamour. Lemari kayu juga akan membuat ruang menjadi lebih teratur, berfungsi sebagai tempat penyimpanan dikantor. Usahakan membuat ruang kerja yang fungsional. Bermain dengan pencahayaan untuk meramaikan dan menyegarkan kantor.

Segarkan dengan Tanaman

Anda harus menambahkan tanaman hias yang hidup ke dalam ruang kerja, supaya Anda merasa nyaman dan betah dikantor. Kantor di rumah yang seimbang harus praktis, ergonomis, nyaman dan bersih. Tanaman akan membantu Anda merasa lebih tenang menyegarkan mata dan membersihkan udara, ditambah lagi tanaman akan membuat dekorasi lebih cantik.

Gaya Artistik

Anda bisa menghiasi ruang kerja dengan foto, lukisan atau seni yang membuat Anda merasa termotivasi. Selain membuat Anda termotivasi, seni juga dapat memberi energy pada ruang Anda agar lebih hidup. Anda bisa menggunakan rak dinding atau meja untuk meletakkan foto atau lukisan tersebut.                                                                                    

Gunakan Karpet

Tempatkan karpet atau permadani berwarna pada ruang kerja untuk meningkatkan visual dan menenangkan Anda. Selain karpet berwarna, Anda dapat menggunakan karpert berwarna netral atau dikombinasikan. Namun karpet bermotif juga harus disesuaikan dengan dinding pada ruang kerja supaya tidak bentrok.

Buat Kenyamanan

Anda harus membuat ruang kerja terasa nyaman dan hangat. Namun jangan terlalu berlebihan, karena hal tersebut akan membuat Anda ingin tidur siang. Gunakan warna-warna netral di dinding dan di lantai, tambahkan aksen kayu alami, tanaman untuk menciptakan ruang kerja yang sederhana namun nyaman. 

Membuat Galeri Dinding

Anda bisa memenuhi ruang kerja Anda dengan apa yang Anda sukai. Tambahkan pajangan galeri di dinding netral. Anda bisa menyusun bingkai-bingkai dan membuat dinding Anda lebih stylish. Bingkai adalah salah satu cara untuk membuat foto, lukisan dan seni menjadi terlihat bergaya dan mahal.

Vintage dan Modern

Jangan takut untuk memadukan antara dekorasi vintage dan modern, Anda dapat menggunakan barang-barang dari ruangan lain. Perpaduan ini membuat rumah terasa hangat dan lebih personal. Pasangkan saja meja Anda yang sudah tua atau lampu vintage dan dipasangkan dengan barang-barang baru yang dapat digunakan untuk menyambut tamu jika Anda sedang mengadakan rapat.

Biarkan Cahaya Masuk

Ruangan yang kecil akan terasa lebih besar jika ada cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Tambahkan tirai pada jendela, jika siang hari Anda bisa membuka tirai tersebut, supaya terhubung dengan alam bebas dan memungkinkan cukup cahaya untuk memberi kehidupan kepada tanaman di dalam ruangan. Tambahkan juga kaca film untuk meminimalisir sinar matahari yang terlalu mencolok dan panas, serta tetap menjaga privasi Anda.

Bekerja Dengan Warna

Pilihlah warn yang sesuai dengan Anda bukan warna yang sedang tren. Anda dapat mengecat dinding kantor, rak, dan langit-langit dengan satu warna supaya ruangan terasa lebih besar. Warna yang sesuai dengan Anda dapat lebih menginspirasi untuk bekerja di ruang kerja Anda.

Optimalkan Ruang Anda

Tidak ada yang dapat bekerja dengan baik jika suasana ruang kerja berantakan. Jangan asal menyelipkan barang-barang ke sudut dan laci. Anda harus menata barang-barang dengan rapi. Hal ini merupakan salah satu dekorasi rumah yang wajib dilakukan. Mulailah berkomitmen untuk merapikan barang-barang dirumah.

Sumber:

https://www.realsimple.com/home-organizing/decorating/home-office-decor-ideas

https://cdn-image.realsimple.com/sites/default/files/1525295031/home-office.jpg

Buat rencana Desain Interior sesuai keinginan Anda.